Babinsa Kelurahan Serda Satia Eka Putra Melaksanakan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan


Pekanbaru-Ameranews.com,  Dengan kondisi cuaca ekstrim di wilayah Pekanbaru saat ini banyak wilayah yang mengalami kebakaran lahan dan hutan, sehingga TNI-AD khususnya Kodim 0301/Pekanbaru yang memeiliki anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang menjadi ujung tombak dari kegiatan diwilayah kelurahannya. Sehingga Babinsa perlu melaksanakan Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan untuk meminimalisir bahaya Kebakaran dan Polusi Asap.

Babinsa melibatkan pihak desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla karena sekarang musim kemarau," kata Danramil 04/LPH Jajaran Kodim 0301/PBR Kapten Inf Turba Marpaung di Makoramil, Sabtu (12/08/23).

Disampaikan , selain melakukan patroli, Babinsa juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan di jajaran Kodim 0301/PBR, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.pungkasnya.

Serda Satia Eka Putra juga menambahkan untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan gambut untuk di kelurahan.

"Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau," jelasnya.(red

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak