Asap Pabrik PKS PHI Di KM 23 Balam Mengepul , Warga Sebut Kenapanya Pabrik Ini?


Balai Jaya-Ameranews.com, Asap pabrik PKS PHI KM 23 warga sebut apanya pabrik ini. Hal ini di sebut kan oleh seorang warga saat dalam vidio di lokasi pabrik dalam durasi 10 detik pada hari Jum'at  (03/05/2024).

Warga yang enggan di sebut namanya menjelaskan asap ini di sebabkan oleh dari pembakaran janjangan kosong yang di lakukan oleh pabrik kelapa sawit Permata Hijau Indonesia (PHI) yang berlokasi di kilometer dua puluh tiga (23) Balam, kelurahan Balam Sempurna kota, kecamatan Balai Jaya, kabupaten Rokan Hilir. 

Pembakaran dari sumber janjangan kosong ini sudah terjadi setiap hari  dan kecuali di hari Minggu ucap warga dalam pesan whatsapp nya. Dia mengaku hal ini merupakan awal terjadinya populasi udara yang kerap terjadi setiap hari yang akan menimbulkan penyakit dan menggangu ketenangan warga untuk  bernapas dan apalagi yang mempunyai anak bayi kecil sangat mengancam kesehatan dengan kabut asap ini, Terutama yang kenak dampak nya duluan di warga sekitar lingkungan PKS PHI, "terang nya. 

Lanjut warga  menjelaskan dalam kepulan asap yang pekat sehingga di khawatirkan mengancam kesehatan kami sementara pihak pabrik Permata Hijau ini yang mengelola Tandan Buah Segar (TBS) tidak perduli atas perbuatan dan kegiatan rutin mereka demi mencapai keuntungan usaha nya saja.

Dan warga berharap "agar dinas lingkungan hidup kabupaten Rokan Hilir dapat menindak lanjuti kegiatan yang di lakukan oleh pelaku usaha pabrik kelapa sawit Permata Hijau Indonesia (PHI). 

Yang mana kami anggap telah merugikan kesehatan kami di lingkungan ini, dalam harapan kami DLH dapat memberikan sangsi sesuai dengan undang undang yang berlaku papar warga menjelaskan dalam keterangan melalui seluler telepon genggam nya. 

Dalam keresahan masyarakat awak media langsung mengkonfirmasi dan menyampaikan kepada Suwandi,S,sos selaku kepala dinas lingkungan hidup merespon dengan cepat dan tanggap melalui pesan whatsapp nya. Suwandi menjelaskan nanti akan kami tindak lanjuti dengan menurunkan TIM kelapangan dengan seraya menutup pesan whatsapp nya. (M.ritonga)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak